Jumat, 13 November 2009

nutrisi

Nutrisi adalah substansi organik yang dibutuhkan organisme untuk fungsi normal dari sistem tubuh, pertumbuhan, pemeliharaan kesehatan. Nutrisi didapatkan dari makanan dan cairan yang selanjutnya diasimilasi oleh tubuh.

Penelitian di bidang nutrisi mempelajari hubungan antara makanan dan minuman terhadap kesehatan dan penyakit, khususnya dalam menentukan diet yang optimal. Pada masa lalu, penelitian mengenai nutrisi hanya terbatas pada pencegahan penyakit kurang gizi dan menentukan standard kebutuhan dasar nutrisi pada makhluk hidup. Angka kebutuhan nutrisi (zat gizi) dasar ini dikenal di dunia internasional dengan istilah Recommended Daily Allowance (RDA). Seiring dengan perkembangan ilmiah di bidang medis dan biologi molekular, bukti-bukti medis menunjukkan bahwa RDA belum mencukupi untuk menjaga fungsi optimal tubuh dan mencegah atau membantu penanganan penyakit kronis. Bukti-bukti medis menunjukkan bahwa akar dari banyak penyakit kronis adalah stres oksidatif yang disebabkan oleh berlebihnya radikal bebas di dalam tubuh. Penggunaan nutrisi dalam level yang optimal, dikenal dengan Optimal Daily Allowance (ODA), terbukti dapat mencegah dan menangani stres oksidatif sehingga membantu pencegahan penyakit kronis. Level optimal ini dapat dicapai bila jumlah dan komposisi nutrisi yang digunakan tepat. Dalam penanganan penyakit, penggunaan nutrisi sebagai pengobatan komplementer dapat membantu efektifitas dari pengobatan dan pada saat yang bersamaan mengatasi efek samping dari pengobatan. Karena itu, nutrisi / gizi sangat erat kaitannya dengan kesehatan yang optimal dan peningkatan kualitas hidup. Hasil ukur bisa dilakukan dengan metode antropometri

lanjutan

3 komentar:

Yayasan Al-A'rof Muara mengatakan...

Ibu Saya Mhs STAIN PASC MPI, Vidio yang ketawa itu bukan.........?
From. Warjo

dr. Hj. Liza 4121969 mengatakan...

alamatnya?

Unknown mengatakan...

assalamulaiakum selamat pagi, saya mau tanya badan saya tidak pernah naik naik ya, berat badan saya 47 umur 20 tahun tinggi badan 162cm. badan saya kurus pergelangan tangan dan jari pun panjang panjang tidak seperti orang kurus layaknya, suatu sisi saya mempunyai sakit maag, cuma jarang kambuh, apa ada hubunganya dengan maag yang membuat saya kurus, apakah badan saya bisa berisi layaknya orang normal ? apa saja pantangan saya, mohon bantuanya dok smile emoticon terima kasih